10 Tahapan Strategi Membuat SEO

Tahapan strategi membuat SEO tidak sesederhana yang kita bayangkan. Ternyata ada banyak tahapan yang menyita waktu dan tenaga. Tahapan di dalamnya telah berubah selama bertahun-tahun, dan proses yang ada di masa dulu mungkin sudah tidak terpakai di masa saat ini. Maka seorang ahli SEO harus update trend dan strategi terbaru dalam dunia SEO.

Sangat penting untuk mengikuti dan update Strategi SEO terbaru untuk mendapatkan rating teratas di Google. Dalam artikel SEO ini akan dibahas bagaimana tahapan membuat strategi SEO terbaru yang dapat digunakan untuk meningkatkan rating situs web di Google.

Pada dasarnya ada dua jenis SEO yang menjadi bagian dari tahapan dalam strategi SEO, yaitu:

SEO on-page

Apa yang dimaksud dengan SEO on-page?

SEO on-page berfokus dalam memaksimalkan halaman situs untuk menaikkan rating lebih tinggi di mesin pencarian sehingga dapat meningkatkan trafik organik ke situs Anda.

Bagaimana proses kerja SEO on-page?

Penerapan SEO pada halaman akan fokus pada penggunaan dan penempatan kata kunci dalam judul, deskripsi meta dan tag H1, mengoptimalkan maksud pencarian, memaksimalkan kecepatan pemuatan halaman situs web, menulis URL singkat, dan menggunakan tag alt deskriptif pada gambar.

SEO Off-page

Apa yang dimaksud dengan SEO Off-page?

SEO Off-page berfokus pada pengoptimalan faktor off-page situs web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web.

Jadi, bagaimana cara kerja strategi SEO off-page? Pada dasarnya, strategi SEO off-page akan fokus pada pembuatan tautan dari luar website Anda.

Beberapa tahapan strategi membuat SEO

Jika Anda baru mulai menerapkan teknik SEO untuk memaksimalkan traffic situs Anda, perhatikan beberapa tips dan strategi SEO dasar berikut.

1. Riset kata kunci

Melakukan riset kata kunci adalah salah bagian paling utama dari SEO. Ini adalah langkah yang sangat penting sebelum melakukan proses lainnya. Kata kunci memandu SEO specialist dalam merumuskan konten untuk dipublish dan dioptimasi. Tanpa kata kunci, konten dan penggunaan SEO tidak akan memberikan bantuan maksimal dalam optimasi website.

tahapan strategi membuat SEO keyword research
[Tahapan strategi membuat SEO] Keyword Research

Cara meneliti kata kunci bisa dengan memanfaatkan cara ini :

-Gunakan alat gratis di Internet, seperti Uber Suggest

-Peringkat tertinggi menurut saran kata kunci

Periksa tingkat persaingan untuk menentukan kata kunci online terbaik dan efektif.

2  Analisis persaingan

Setelah melakukan penelitian kata kunci, langkah selanjutnya dalam tahapan strategi membuat SEO adalah menganalisis persaingan kata kunci tersebut. Harap dicatat bahwa langkah ini sangat penting untuk menemukan kata kunci terbaik. Dengan cara ini, konten dan web lebih mungkin diindeks oleh Google.

3. Gunakan domain berisi keyword

Dengan memasukkan keywords pada domain, dijamin akan membantu mesin Google menemukan fokus dari website yang Anda buat.

 Trik ini tentu akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk Anda coba.

4. Perhatikan plugins SEO

Ada beberapa plugin pendukung di situs web yang dapat membantu SEO situs web Anda. Beberapa contoh plugin WordPress yang benar-benar dapat membantu SEO situs web Anda termasuk Yoast WP SEO atau Paket SEO All In One, Peta Situs Google XML (sitemap), dan Gambar SEO Friendly

5. Memaksimalkan media sosial

Media sosial memiliki peran penting di search engine. Salah satu kunci sukses dalam SEO tidak hanya menghasilkan konten berkualitas tinggi, tetapi juga berbagi konten berkualitas tinggi dan menarik.

[Tahapan strategi membuat SEO] Sosial Media
[Tahapan strategi membuat SEO] Sosial Media

Jadi, Anda juga harus memperhatikan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO.

6. Buat konten orisinil dan memiliki manfaat

Tahap SEO yang sama pentingnya berikutnya adalah membuat konten. Gambar, video, dan teks harus mengandung kata kunci yang telah diteliti dan di analisis. Untuk postingan artikel, semakin lama semakin baik. Perhatikan juga keaslian konten untuk pengindeksan yang lebih baik.Banyak sekali tool yang dapat digunakan untuk mengecek orisinalitas tulisan Anda seperti dengan Copyscope ataupun SmallSEOtool. Jangan sampai konten Anda hasil copy-paste, karena itu akan membuat artikel Anda dihilangkan oleh Google.

7. Membuat backlink

Keberadaan backlink sangat penting untuk meningkatkan ranking mesin pencari. Biasanya pakar SEO akan membuat link di website terkait lainnya, namun tetap kualitas konten juga harus diperhatikan.

Saat membuat backlink untuk sebuah situs adalah membuat backlink yang bermutu. Karena itu, gunakan waktu senggang Anda untuk membuat backlink bermutu tinggi, dan cara itu harus dilakukan secara konsisten.

8. Terus Membuat konten

SEO bukanlah kegiatan yang hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Langkah ini harus dilakukan bekali-kali untuk membuat website tetap memiliki posisi yang baik. Jika konten tidak diperbarui dan diperbarui, situs web tidak akan dapat bersaing dengan pesaing. Inilah mengapa tahapan ini sangat penting bagi para pakar SEO dan pemilik website.

9. Perhatikan penamaan gambar

Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya adalah mengoptimalkan setiap gambar yang Anda unggah dengan memasukkan tag judul, ALT dan penamaan file gambar sesuai kata kunci SEO.

[Tahapan strategi membuat SEO] Penamaan gambar
[Tahapan strategi membuat SEO] Penamaan gambar

Secara tidak langsung gambar yang memiliki judul atau tags yang sesuai SEO akan menggandakan kepopuleran kita lewat pencarian gambar di mesin pencari.

10. Gunakan LSI Keywords

Google sekarang tidak hanya melihat kata kunci, tetapi juga memahami topik. Untuk memastikan bahwa Google secara bertahap memahami subjek konten Anda, harap gunakan kata kunci LSI dalam konten yang Anda buat. LSI keywords adalah kata atau frasa yang berhubungan dengan target keyword Anda.Ini lah urutan ke 10 tahapan strategi membuat SEO yang dapat Anda ikuti agar semakin terdepan dalam kompetisi dengan kompetitor Anda.

Pentingnya Update Terbaru SEO

SEO adalah strategi kompleks yang membutuhkan latihan terus-menerus untuk melihat hasilnya. Sangat penting juga untuk memperbarui pengetahuan dalam hal ini. Karena setiap kali ada pengetahuan baru tentang langkah-langkah optimasi web terbaik untuk diserap.

Cara ini juga membantu untuk mengoptimalkan website yang Anda miliki agar persaingannya dengan kompetitor tidak berkurang. Pasalnya, para pemilik website, khususnya untuk bisnis saat ini, telah menyadari pentingnya SEO. Karenanya, semakin banyak orang menggunakan layanan ini untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Memakai SEO

Keuntungan menggunakan SEO atau pengoptimalan mesin telusur adalah mengarahkan pengguna Internet ke situs web mereka sendiri. Selain itu, SEO juga dapat membuat rangking website berada di urutan teratas pada halaman beranda mesin pencari.

SEO yang baik akan menjadikan situs nomor satu di daftar pencarian Google. Proses ini melibatkan penelitian, analisis, pemeliharaan, pemutakhiran, dan pemantauan berkelanjutan kapan saja. Semua ini termasuk dalam tahap SEO dan tidak boleh dilewatkan.

Itulah tadi  beberapa tahapan membuat strategi SEO untuk meningkatkan traffic situs. Perlu Anda ingat bahwa hasil dari SEO bukanlah sesuatu yang instan. Meski begitu, SEO dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dengan biaya yang lebih murah, dan meningkatkan rating tentunya.

Selain itu, SEO juga dapat menarik trafik yang berkualitas tinggi, karena pengguna yang datang adalah pengguna yang sangat tertarik dengan produk yang Anda sediakan dan tidak terganggu dengan iklan.. SEO dan konten yang menarik tentu juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna kepada bisnis Anda bukan ?

Jangan lupa untuk terus belajar memanfaatkan SEO dari berbagai sumber. Anda pun dapat berkonsultasi dengan ahli SEO. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Pada artikel 10 tahapan strategi membuat SEO ini, Anda telah mengetahui dasar-dasar penting agar mampu membuat postingan Anda menjadi peringkat teratas pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex.

Sebelum memulai untuk membuat website, ada baiknya Anda membuat kerangka struktur artikel yang akan Anda tampilkan agar menjadi lebih efektif.

Jika Anda ingin mengetahui mengenai digital marketing lainnya, Anda dapat membaca artikel rekomendasi di bawah ini:

Pentingnya memiliki website di era digital
Strategi menerapkan digital marketing

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar