Perbedaan Website CMS vs Framework

Gambaran umum Website CMS vs Framework

Website CMS vs Framework? Terkadang kita bertanya-tanya bagaimana untuk membuat website. Apakah sulit dan perlu belajar dalam jangka waktu yang lama? Artikel ini membahas dua cara berbeda untuk membuat website.

Dalam pembuatan website ada perbedaan utama antara menggunakan Content Management System (CMS) atau dengan framework. CMS adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten digital sedangkan framework adalah perangkat lunak yang berisi fungsi-fungsi umum yang dapat dimodifikasi dengan kode tambahan yang ditulis sesuai dengan aplikasinya.

Daftar isi

  1. Gambaran umum
  2. Apa itu CMS?
  3. Apa itu Framework?
  4. Perbedaan website CMS vs Framework
  5. Kesimpulan

Apa itu website CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Tujuan utama penggunaan CMS adalah untuk mengelola konten situs web. Di dalam CMS terdapat banyak fitur yang mempermudah pengelolaan situs web. Selain itu, CMS pun dapat digunakan pada berbagai keperluan seperti untuk blogging, company profile, e-commerce, reservasi online, situs pendidikan, dan masih banyak lagi.

Website CMS vs Framework

CMS membantu kita untuk melakukan berbagai hal pada website. Kita dapat melakukan hal seperti format tata letak, menambah, mengubah, dan menghapus konten dengan sangat mudah. Selain itu, kita pun dapat lebih memperluas fungsional website dengan menggunakan plugin atau ekstensi yang dapat membuat website sederhana menjadi kaya akan fitur. 

Untuk membuat halaman website semakin menarik dan rapi, kita pun dapat menambahkan file multimedia seperti gambar, video, dan audio. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, pengguna dapat membuat situs web dengan fitur multibahasa. 

Beberapa contoh CMS yang umum dan populer adalah Drupal , WordPress , dan Joomla. Contoh CMS tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat karena kesederhanaan dan kemudahan dalam penggunaannya.

Apa itu Framework?

Web Framework menyediakan cara standar untuk membangun dan menerapkan suatu aplikasi perangkat lunak. Framework ini berisi kumpulan kode-kode yang memiliki fungsi umum. Oleh karena itu, pengembang dapat memodifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhannya. 

Ada banyak keuntungan menggunakan web Framework, terutama dari segi fleksibilitas dan scalability.

website cms vs framework

Selain itu, framework dapat mencakup program dukungan, kompiler, kumpulan library, serta Aplication Programming Interface (API). Ada banyak pilihan framework untuk digunakan. Misalnya, CakePHP, Laravel dan CodeIgniter adalah open source web frameworkuntuk membangun laman web dinamis yang ditulis menggunakan PHP . Di lain sisi, Django dan Flask adalah dua web framework yang ditulis dengan bahasa Python.

Sebetulnya CMS dan framework saling berhubungan. Karena CMS pun di buat berdasarkan framework.

Perbedaan website CMS vs Framework

CMSFramework
CMS digunakan untuk membuat dan memodifikasi konten digital.Framework adalah perangkat lunak yang dapat dimodifikasi dengan kode tambahan yang bergantung pada aplikasinya.
Mempelajari CMS lebih mudah.Mempelajari Framework lebih sulit daripada CMS dan membutuhkan banyak waktu.
Membantu mengelola konten digital.
Membantu mengatur kode untuk membuat proses pengembangan aplikasi lebih sederhana dan fleksibel.

Drupal, WordPress, dan Joomla adalah beberapa contoh CMS.
CakePHP,Laravel, NodeJS, Django dan CodeIgniter adalah beberapa contoh framework.

Kesimpulan website CMS vs Framework

Berdasarkan penjelasan di atas kita telah mengetahui perbedaan website CMS vs Framework. Jika Anda memiliki budget yang tipis dan membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk penyelesaian website. Anda dapat menggunakan CMS.

Sebaliknya jika Anda ingin memiliki website yang flexible, scalable dan untuk penggunaan investasi jangka waktu panjang, Anda dapat menggunakan web framework.

Oleh karena itu, Anda dapat menentukan platform yang sesuai dengan bisnis Anda yang dapat di lihat di sini.

Bergabung lah dengan:

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar