3 Ilustrasi Sederhana Optimasi Landing Page

Setiap marketer tentu memiliki keterbatasan anggaran, artinya adalah tidak memiliki uang dan waktu yang tidak terbatas. Oleh karena itu optimasi landing page perlu dilakukan. Terkadang kita bertanya kepada diri sendiri sebagai seorang marketer, apakah lebih baik berinvestasi pada traffice atau meningkatkan rasio konversi.

Pada akhirnya marketer harus dapat menjawab pertanyaan apa yang dapat menjamin Return on Investment (ROI) lebih baik?

Menggunakan budget untuk mendapatkan trafik berbayar (seperti pada Google Ads atau Facebook Ads) adalah pilihan yang atraktif karena dapat hasil dan budget dapat terprediksi dengan jelas.

Namun, ROI akan selalu memiliki hasil yang sama dan bahkan plateau. Jika landing page Anda memiliki rasio konversi 10 hari ini, belum tentu hasilnya akan lebih baik jika karena Anda membayar lebih untuk meningkatkan trafik. Tentu saja Anda akan menghasilkan konversi yang lebih tinggi, namun, sejalan dengan pengeluaran budget Anda.

optimasi landing page
[optimasi landing page]. Sumber: MonsterInsight

Sebaliknya, dengan meningkatkan rasio konversi akan membawa Anda untuk lebih banyak mendapatkan konversi tanpa harus mengeluarkan biaya lebih banyak.

Contoh matematika sederhana untuk optimasi landing page.

Kasus 1: Trafik berbayar

Pay Per Click (PPC) budget: 1 juta/bulan

Pengunjung: 1000
Nilai konversi: 20rb
Rasio koversi: 10%

Revenue: 2juta (profit 1juta)

Kasus 2: Trafik berbayar + Optimasi

PPC Budget: 1juta/bulan + Optimasi konversi: 400rb

Pengunjung: 1000
Nilai konversi: 20rb
Rasio konversi: 12%

Revenue: 2,4juta (profit 1juta)

Pada kasus pertama, kita hanya membayar iklan untuk meningkatkan pengunjung. Sedangkan pada kasus yang kedua, melakukan investasi tambahan sebesar 400rb untuk meningkatkan rasio konversi. Untuk kedua kasus di atas menghasilkan profit yang sama, yaitu 1juta rupiah.

Apakah Anda bertanya-tanya. Loh kok keduanya menghasilkan profit yang sama?!

Jika Anda perhatikan keduanya memiliki perbedaan. Investasi yang Anda keluarkan sebesar 400rb memang mengurangi profit yang bersih pada bulan pertama. Namun, usaha tersebut meningkatkan rasio konversi 2% dan meningkatkan ROI sebesar 40% yang dapat membuat efek jangka panjang. Maka, pada bulan berikutnya akan menjadi seperti ini:

Kasus 3: Trafik berbayar + optimasi landing page (bulan ke-2)

PPC Budget: 1juta/bulan + optimasi = 0

Pengunjung:1000
Nilai konversi: 20rb
Rasio konversi: 12%

Revenue: 2,4 jt (profit 1.4jt)

[optimasi landing page]. Melihat progress bulan selanjutnya.

Membuat dan mengoptimasikan landing page dapat meningkatkan profit dengan PPC yang sama. Anda tidak perlu menjadi ahli matematika atau web developer untuk memahaminya.

Bagaimana Cara Optimasi Landing Page?

Saat ini Anda telah mengerti keuntungan yang didapatkan dengan mengoptimasi landing page, memahami apa itu A/B Test sangan berguna untuk membuat perubahan yang signifikan untuk meningkatkan rasio konversi landing page Anda.

Bergabung lah dengan:

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar