Memiliki Website Bisnis adalah mutlak : 3 Alasan utama

Memiliki website bisnis merupakan suatu keharusan untuk memulai bisnis pada zaman sekarang ini. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa hampir setengah dari semua bisnis kecil tidak memiliki situs web.

Tidak dapat dipungkuri memiliki untuk keperluan bisnis kecil maupun besar adalah suatu keharusan. Internet memberikan kesempatan bahkan bagi perusahaan startup untuk terhubung dengan jutaan potensi pelanggan. 

Website bisnis untuk bisnis kecil yang dirancang dengan baik adalah peluang terbaik Anda yang akan membuat kesan pada target pelanggan Anda.

Pertimbangkanlah betapa pentingnya website bisnis dalam memasarkan produk Anda kepada konsumen: apakah itu berupa blog atau membagikan whitepaper, website bisnis dapat diskalakan untuk menunjukan branding/merk Anda dan membangun bisnis yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen Anda dibandingkan dengan kompetitor.

Kuncinya adalah mengetahui mengapa website bisnis Anda harus sangat baik. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa website yang bagus adalah bagian penting dalam memasarkan bisnis, serta membahas mengenai beberapa kiat untuk membangun website bisnis terbaik!

website bisnis

Website bisnis sangat penting untuk visibilitas

Saat ini banyak bisnis menawarkan barang dan jasa kepada orang-orang yang tidak pernah menginjakkan kaki pada lokasi fisiknya, hal ini disebabkan dengan adanya kehadiran internet melalui website yang responsif di semua device seperti pada situs marketplace ini.

Internet memberikan potensi bagi Anda untuk memasarkan ke jutaan orang dengan mendirikan toko online. Namun, Anda tidak dapat menjangkau konsumen potensial tersebut jika mreka tidak mengetahui Anda.

Studi menunjukkan bahwa 70 hingga 80 persen konsumen menelusuri internet ketika hendak memutuskan untuk membeli barang atau jasa. Jika Anda tidak memiliki website bisnis, maka mereka tidak akan mengentahui keberadaan bisnis Anda. Sehingga seolah-olah keberadaan Anda tidak Ada.

Langkah terpenting untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda adalah:

  1. Memanfaatkan profesional yang sudah memiliki ekspertise dalam pembuatan website bisnis. Sehingga, Anda dapat fokus menerapkan strategi bagaimana untuk mencapai target konsumen Anda.
  2. Menerapkan strategy SEO agar website Anda dapat meningkat dengan cepat pada mesin pencari situs.

Kompetitor Anda telah online

Jika Anda mencoba branding diri Anda dalam suatu industri, apa pun itu, Anda harus berasumsi bahwa pesaing terbesar Anda sudah memiliki website. Luangkan waktu sejenak, lalu pikirkan nama kompetitor terbesar pada industri tertentu. Besar kemungkinan mereka telah memiliki situs web, begitu pula pesaingnya.

Pastikan untuk meneliti pesaing Anda secara online. Apa yang mereka lakukan sehingga Anda dapat melakukan lebih baik dalam hal desain, waktu buka, pengoptimalan mesin pencari? Metode pemasaran apa yang tidak mereka gunakan? Seberapa menarikkah desain website Anda dibandingkan dengan milik mereka sehingga kinerja situs web Anda akan melonjak?

Jika bisnis Anda tidak memiliki situs web, Anda beroperasi jauh di belakang mereka. Namun, perlu dipertimbangkan bawah membangun website saja belum tentu membuat Anda kompetitif. Anda harus merancangnya secara proaktif untuk menawarkan konten yang lebih baik dan meyakinkan pelanggan bahwa apa yang Anda jual di toko ecommerce Anda jauh lebih baik daripada perusahaan lain.

Berjualan hanya di platform media sosial tidaklah bijaksana

Salah satu alasan beberapa bisnis tidak perlu repot membangun website adalah anggapan bahwa platform media sosial saja sudah cukup. Facebook sendiri sebelumnya mengumumkan bahwa mereka adalah rumah bagi 40 juta halaman bisnis kecil .

Kemungkinan banyak dari pemilik akun Facebook ini bekerja sangat keras dan mengembangkan koneksi ke sesama pengguna Facebook. Namun, ketergantungan pada platform sosial media akan bermasalah jika ada aturan yang berubah tanpa sepengetahuan Anda.

Salah satu contoh baru-baru ini melibatkan Facebook membersihkan situsnya dari 800 akun politik dan menyatakannya sebagai spam. Namun, beberapa pemilik halaman menyatakan bahwa mereka tidak melakukan spamming, tetapi membagikan berita yang sah. Tidak masalah apa penjelasan mereka, Facebook memiliki keputusan akhir, dan konten mereka hilang untuk selamanya.

Pelanggaran, betapapun tidak disengaja, dapat membuat halaman Anda ditutup dalam semalam. Bayangkan semua konten dan akses pelanggan Anda tiba-tiba hilang, dan tidak ada jaminan bahwa itu akan kembali.

Hal merugikan lainnya yang mungkin terjadi adalah:

  1. Kehilangan halaman facebook Anda karena hacker
  2. Lupa password dan halaman facebook Anda terkunci
  3. Diblokir karena melanggar aturan

Media sosial bisa menjadi hal yang bagus untuk bisnis, tetapi sebaiknya gunakan bersama dengan situs web Anda sendiri. Bagikan konten Anda dan tunggulah arus lalu lintas yang stabil ke situs yang dimiliki dan dikendalikan oleh Anda.

Anda dapat bergabung dengan group Facebook di bawah ini untuk diskusi, tips dan trik mengenai digital marketing secara lebih luas:

Group Facebook Digital Marketing Indonesia

Bergabung lah dengan:

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar