Jenis-Jenis Website Paling Populer : 3 Kategori Utama

November 24, 2020

Jenis-jenis website dan contohnya. Apakah Anda tahu hal baru yang menjadi kebutuhan setiap orang di muka bumi pada saat ini? Ya, betul sekali Anda pasti menebak, internet! Internet atau interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan standar sistem IP atau TCP sebagai protokol pertukaran paket yang digunakan untuk dapat melayani miliaran penggunanya di seluruh penjuru dunia. Saat ini internet telah menjangkau kita semua.

Sekarang ini tidak dipungkiri internet adalah kebutuhan pokok yang harus ada dan Anda miliki. Sama seperti halnya dengan sosialisasi, internet mendorong Anda untuk banyak mengenal hal-hal lain di luar lingkungan. Menjangkau setiap aspek kehidupan kita, dari mulai membantu dalam bekerja, belajar, mencari ide masakan hari ini, membantu mengembangkan bisnis, dan hal lainnya. Dimana tidak dipungkiri bahwa internet menjadi kebutuhan pokok yang harus ada dalam membantu kita untuk meringankan tugas keseharian, atau hanya sekedar mencari hiburan. Ini adalah suatu perubahan yang dapat Anda manfaatkan sebagai sumber peluang, untuk banyak belajar mengembangkan diri melalui internet.

Jenis-Jenis Website toko online
[Jenis-jenis website] Illustrasi Toko online. Sumber: Pexel

Hal yang sangat identik dengan keberadaan internet adalah website, yang mana hal ini sering dipahami oleh beberapa kalangan yang tidak mengerti apa perbedaan antara internet dan website. Misalnya, orang sering salah menyebutkan “saya mencari ide memasak hari ini dari internet.” Padahal mungkin maksud dari pernyataan tersebut adalah “Saya mencari ide memasak hari ini dari website yang di cari melalui mesin pencariaan Google”. Aneh? Tapi hal tersebut adalah sedikit kebingungan dari beberapa kalangan masyarakat sebagai pengguna teknologi tersebut.

Lalu, Apa Itu Website?

Website merupakan suatu dokumen yang terdiri dari kumpulan halaman yang saling terhubung dan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan baik berupa tulisan, gambar, suara, dan bahkan video dimana seluruh data yang termuat dalam halaman tersebut tersimpan pada server hosting, dan memerlukan internet sebagai syarat mengaksesnya.

Jenis-jenis website responsive
[Jenis-jenis website] Illustrasi design responsive. Sumber: Pexel

Untuk dapat mengakses website, Anda harus memiliki perangkat seperti telepon pintar atau komputer yang terknoneksi dengan jaringan internet yang ada. Lazimnya halaman website yang ditampilkan berbentuk sebuah dokumen dengan format HTML atau Hyper Text Markup Language, yang tentunya bisa Anda akses melalui HTTP atau HTTPS, suatu protokol yang menyediakan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada setiap pengguna melalui website browser.

Jenis-jenis Website Secara Umum yang Diketahui

Website Statis

Perkembangan ilmu dalam dunia digital yang semakin up to date menghasilkan banyak sekali jenis website yang belakangan ini kian berkembang dan dapat Anda temukan di internet. Namun, secara garis besar jenis-jenis website tersebut dapat diklasifikan dalam tiga jenis website yang umum dikenal orang, yaitu:Website Statis

Website statis adalah website yang memiliki satu halaman website yang tampilannya tidak dapat dirubah-rubah atau tetap. Kemudian website statis umumnya tidak memungkinkan untuk dapat terjadinya interaksi antara pembuat atau pengelola website dengan pengguna yang mengunjungi website tersebut. Jika pengelola website ingin mengubah tampilan halaman pada websitenya, maka pengelola harus melakukanya dengan cara manual dengan cara mengedit kode-kode struktur yang ada pada websitenya atau mengubah koding website secara manual. Kelebihan dari website statis ini adalah:

  • Situs website statis lebih aman dari tindakan pertesan, kecuali langsung pada komputernya.
  • Tidak memerlukan database.
  • Tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk dapat mewujudkan website statis!

Namun, selain dari aspek kelebihan tersebut, website statis ini minim dari segi pengunjung websitenya dan tidak dapat melakukan interaksi antara pengelola dan penggunanya!

Contoh dari jenis-jenis website statis ini adalah?

  • Website portfolio
  • Website untuk profil perusahaan
  • Website yang menyajikan informasi yang jarang di ubah

Website Dinamis

Website dinamis merupakan jenis website yang khusus dimanfaatkan untuk dapat menampilkan berbagai macam kreatifitas konten dan informasi yang di ubah dan diperbaharui oleh pemilik atau pengelola website tanpa harus mengubah kode-kode struktur website secara manual. Melainkan, melaui website itu sendiri.

Website dinamis memang sengaja dirancang untuk menarik interaksi tinggi dan luas dengan penggunanya. Dengan menyajikan tampilan visual, kreativitas konten yang sangat beragam, halaman-halaman website yang fungsional menjadikan website dinamis banyak menjadi pilihan orang-orang untuk memiliki sebuah website. Sehingga, website ini sangat tepat untuk Anda yang ingin membuat website sebagai penunjang bisnis.

Contoh dari jenis-jenis website dinamis ini diantaranya:

  • Website E-commerce atau toko online
  • Blog atau website pribadi
  • Website Perusahaan
  • Website Portal, dll.

Website dinamis ini pun memiliki kekurangan, yang perlu Anda ketahui. Berbeda dengan website statis yang tidak memerlukan database, website dinamis mutlak membutuhkan database dan, sehingga berpengaruh pada biaya mahal yang harus Anda keluarkan. Selain itu website dinamis juga membutuhkan bahasa pemrograman yang begitu kompleks, sehingga cukup rumit untuk dapat mengaturnya sendiri.

Website Interaktif

Website interaktif merupakan jenis website yang digunakan khusus dengan tujuan sebagai platform berinteraksi atau berkomunikasi secara online. Pengguna website ini umumnya adalah komunitas atau pengguna biasa dengan maksud untuk menambah relasi dan berkomunikasi.

Contoh dari jenis-jenis website interaktif ini adalah:

  • Website media sosial, seperti twitter, Instagram, facebook dll.
  • Website forom online
  • Blog

Manfaat Website Secara Umum

Manfaat website secara umum yang dapat Anda peroleh utamanya adalah akses yang bisa Anda manfaatkan baik dalam penyeberan informasi yang Anda dapatkan atau bisa juga Anda bagikan.

Jenis-jenis website manfaat nya
Sumber: Pexel

Anda dapat memanfaatkan website sebagai salah satu platform khusus yang memberikan impact positif bagi penggunanya secara cepat, tepat, dan terukur. Namun ada bebapa manfaat lain pula yang bisa kamu peroleh, diantaranya:

  • Website menjadi sarana berinteraksi dan berkomunikasi baru yang menyajikan kemudahan dalam prosesnya, tanpa batas ruang dan waktu!
  • Website menjadi sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat.
  • Memberikan hiburan-hiburan menarik yang menyenangkan hati dan sekaligus murah!
  • Menjadi mediam dalam mengembangkan diri baik bisnis yang sedang Anda kembangkan, ataupun keahlian-keahlian yang Anda miliki!

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis website yang umum diketahui! Yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Atau, Anda sudah memutuskan untuk membuat website dengan jenis apa? Tidak perlu bingung-bingung, intinya bangunlah sebuah website yang sesuai dengan kemampuan, tujuan dan kebutuhan Anda. Tingkatkan visibilitas Anda dengan Website!!!

Artikel Rekomendasi:
Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis
Cara Menerapkan Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Bekerja sama dengan Kami...

Kami senang bekerja dengan Anda yang memiliki permasalahan. 

Karena Kami akan memahami, menyelesaikan, serta merealisasikan
kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi  Kami hari ini:
Pertanyaan mengenai project ==>
Copyright © Soltekno 2020
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram