Contoh Platform CMS: 3 pilihan Terbaik

Artikel ini membahas contoh platform CMS, 3 yang terbaik berdasarkan kemudahan dan banyaknya pengguna. Memulai untuk membuat website tidak pernah semudah ini dengan adanya banyak pilihan bagi kita semua.

Anda memiliki banyak pilihan platform pembuatan website yang memungkinkan Anda untuk membuat hampir semua jenis website yang Anda inginkan. Untuk memilih Content Management System (CMS) yang akan digunakan tidak pernah sesulit ini, karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda membuat pilihan tersebut. Kami akan memberikan rincian semua yang Anda butuhkan dalam memilih CMS terbaik , dan memperkenalkan kepada Anda pada tiga contoh platform CMS yang paling banyak digunakan.

Daftar isi:

  1. Berkenalan dengan Content Management System (CMS).
  2. Apa yang dapat Anda buat dengan menggunakan platform CMS
  3. Fitur apa saja yang terdapat pada CMS
  4. 3 pilihan contoh platform CMS terbaik.
  1. WordPress
  2. Joomla
  3. Drupal

5. Kesimpulan

Berkenalan dengan Content Management System (CMS)

Content Management System (CMS) adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk menerbitkan dan mengelola konten pada website dengan cara yang intuitif. Misalnya, Anda dapat membayangkan memiliki suatu teks editor (seperti Notepad atau TextEditor) yang memungkinkan Anda untuk menerbitkan artikel secara langsung kepada situs website yang Anda miliki.

Contoh Platform CMS

Contoh di atas adalah fungsi yang sangat mendasar pada CMS . Pada ketanyataannya, saat ini sebagian besar pilihan CMS terbaik membantu Anda melakukan lebih dari itu. CMS tersebut memungkinkan Anda untuk membuat indeks konten Anda, mengubah, memformat dengan menggunakan visual editor, dan masih banyak lagi.

Mengatur dan mengedit tampilan dengan CMS sangat mudah dengan bantuan website builder.  Dengan website builder ini Anda dapat mengubah-ubah tampilan website tanpa perlu memahami bahasa pemrograman apapun, sehingga Anda dapat fokus untuk mengisi konten pada website. Sebagian besar website builder ini digunakan semudah melakukan drag and drop, dan Anda pun dapat melihat perubahannya secara visual dan realtime.

Apa yang dapat Anda buat dengan menggunakan platform CMS

Sebagian besar orang berpikiran bahwah CMS hanya dapat digunakan untuk membuat website blog. Hal tersebuat tidaklah salah, karena platform CMS terbaik awalnya di bangun untuk keperluan blogging. Namun, seiring berjalannya waktu, CMS platform tersebut dapat di kustomasi menjadi jenis website apapun. Contohnya adalah CMS WordPress yang memiliki porsi 30% website di seluruh dunia.

Pada kenyataannya, CMS pada saat ini sangatlah flexible, di mana Anda dapat menggunakannya untuk hampir semua tipe project yang Anda inginkan. Namun, CMS ini idealnya adalah untuk membuat website sekedar pada pembuatan konten dan sharing. Ini berarti Anda dapat membuat blog sederhana, website tutorial, portofolio, website berita dan masih banyak lagi. Dengan tools yang tepat, Anda dapat membuat project website yang lebih canggih dengan menggunakan CMS, seperti membuat toko online, website private membership ataupun forum.

Sekarang, kami akan memperkenalkan Anda tiga contoh platform CMS terbaik yang terdapat pada saat ini. Namun, sebelumnya kita akan berbicara mengenai fitur yang harus diperhatikan ketika memilih CMs pada website Anda.

Fitur apa saja yang terdapat pada CMS

Hingga saat ini, Anda telah mengetahui pengetahuan yang solid mengenai CMS secara teori. Saat ini, mari kita menelusuri fitur-fitur yang lebih spesifik yang dapat di tawarkan oleh platform CMS tersebut.

Platform CMS harus menyediakan beberapa kriteria di bawah ini:

  • Kemudahan dalam mempublikasikan konten. CMS yang berkualitas akan memiliki kemampuan pengaturan yang hebat dan banyaknya pilihan untuk memastikan konten Anda terlihat sangat baik
  • Fungsi untuk mengedit halaman. Selain dari mempublikasikan konten, Anda memerlukan untuk membuat jenis-jenis halaman pada website. CMS yang Anda pilih harus memiliki tool tersebut agar pekerjaan Anda selesai.
  • Kemampuan menyesuaikan yang tinggi. Berdasarkan pengalaman kami, tiga contoh platform CMS terbaik memiliki fitur tersebut. Artinya, kita dapat menambahkan hampir semua fitur yang di inginkan.
  • Komunitas yang kuat. CMS yang memiliki komunitas yang aktif akan sangat membantu Anda. Sehingga Anda dapat mengakses setiap adanya update, keamanan dan bantuan dari orang yang lebih memiliki pengalaman.

Pada artikel ini, kita akan melihat tiga contoh platform CMS paling favorit. Kita akan membahas apa yang membuatnya menjadi unik, menelusuri keunggulan dan kelemahannya, dan membantu Anda untuk menentukan pilihan dalam menggunakan platform CMS yang terbaik untuk website Anda.

3 contoh platform CMS terbaik

Ada beberapa pilihan di antara CMS yang akan Anda pilih di sini. Namun, seluruhnya memiliki kesamaan yang utama, yaitu open source dan dapat di install hanya dengan satu klik, seperti pada Niagahoster. Itu artinya, Anda tidak perlu meluangkan waktu yang lama untuk mencobanya satu per satu.

Inilah tiga daftar contoh platform CMS, kami mengurutkannya berdasarkan popularitas dan kelengkapan fitur.

WordPress

contoh platform cms wordpress

Anda pasti pernah mendengar mengenai wordpress . Platform CMS ini memiliki market share yang paling besar dibandingkan dengan kompetitornya.

Walaupun persepsi orang mengenai WordPress adalah suatu platform untuk blogging, kenyataanya contoh platform CMS ini berkembang begitu jauh. Platform ini sangat mudah digunakan, dan Anda pun dapat mengkustomasi sesuai dengan keinginan Anda dengan menggunakan plugin dan theme ( yang jumlahnya puluhan ribu).

Dalam hal manajemen konten, WordPress memberikan pengalaman yang terbaik. Mempublikasikan tulisan dan halaman sangat mudah, dan Anda memiliki akses untuk membuat format tertentu pada konten Anda.

Terlebih lagi, platform ini dapat mensupport pendaftaran member, regular update dan adanya komunitas yang sangat besar.

Fitur-fitur utama yang dimiliki WordPress:

  • Memiliki pilihan penerbitan dan manajemen konten yang intuitif.
  • Editor yang sangat powerful yang dapat membuat Anda memformat konten dengan mudah.
  • Kustomisasi yang sangat luas, karena banyaknya pilihan plugin dan theme.
  • Komunitas yang besar dan saling membantu.

Kelemahan menggunakan WordPress adalah terkadang Anda perlu mencapuradukkan dan memasangkan banyak plugin untuk menambahkan fungsi yang tepat pada website Anda.

Joomla

contoh platform cms joomla

Joomla adalah nama yang selalu muncul ketika orang membahas mengenai WordPress. Secara umum, Joomla tidaklah terlalu friendly untuk beginner yang berkebalikan dengan WordPress. Namun, platform CMS ini dapat lebih flexible pada beberapa aspek.

Contohnya, Joomla adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengelola banyak “jenis postingan yang kustom”. Idealnya contoh platform cms ini digunakan jika Anda ingin menjalankan website yang tida terlalu banyak konten berupa teks. Platform ini menawarkan banyak pilihan ketika berhubungan dengan pengelolaan user. Joomla akan menjadi pilihan yang tepat untuk website yang berbasis membership.

Selain itu, Joomla telah mensupport multibahasa. Artinya adalah Anda tidak perlu menggunakan plugin untuk menambahkan bahasa pada website Anda. Yang terakhir adalah Joomla dapat menggunakan beberapa template atau theme sekaligus untuk setiap tipe konten yang berbeda.

Fitur-fitur utama:

  • Menawarkan tipe postingan custom yang terbaik
  • Menyediakan pilihan pengelolaan user secara advanced
  • Multibahasa tanpa menggunakan plugin
  • Template yang khusus untuk setiap jenis halaman

Di atas kertas, Joomla adalah contoh platform CMS yang luar biasa. Namun, sangat tidak ramah untuk pemula seperti pada WordPress. Oleh karena itu, Anda perlu memakan waktu lebih lama untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan CMS ini pada website Anda.

Drupal

contoh platform cms drupal

Drupal adalah contoh platform CMS yang akan di bahas pada artikel kali ini. Secara marketshare, Drupal berada jauh di bawah kedua pesaing utamanya, namun itu tidak berarti bahwa Drupal tidak dapat diperhitungankan.

Secara praktikal, Drupal memilik beberapa kesamaan seperti pada Joomla. Sebagai contohnya adalah fleksibilitasnya dalam menangani tipe postingan yang kustom. Selain itu, Drupal menawarkan pengaturan yang lebih terhadap user dan aksesnya. Drupal pun dapat menangani website multibahasa tanpa menggunakan plugin.

Selain itu, ada area dimana Drupal unggul di bandingkan dengan para kompetitornya. Yaitu sistem taksonomi yang sangat powerfull. Sebagai tambahan, Drupal dianggap memiliki keamanan platform yang lebih baik di bandingkan WordPress dan Joomla.

Fitur-fitur utama:

  • Postingan kustom dan pengelolaan system yang fleksibel
  • Menyediakan pengelolaan user dan akses yang lebih advance.
  • Situs multibahasa
  • Sistem taksonomi yang detail
  • Keamanan platform yang sangat baik

Anda dapat membuat berbagai jenis website dengan menggunakan ketiga contoh platform CMS yang telah di bahas. Drupal dikenali dari segi skalabilitas dan keamanan nya, di mana menjadikannya pilihan yang tepat untuk perusahaan besar.

Dari kehebatan yang dimiliki oleh Drupal, namun, untuk menguasainya membutuhkan waktu yang cukup lama. Kami tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan Drupal, kecuali Anda memiliki pengelaman dalam hal web development.

Kesimpulan

Memilih CMS yang paling tepat adalah keputusan personal sebagaimana kita memilih system operasi (OS) pada komputer. Seluruh pilihan CMS memiliki fans pro dan kontra. Secara personal, kami menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress untuk level awal, karena kemudahana dan keluasan kustomasinya. Namun, seiring berjalannya waktu, lalu Anda mencoba beberapa CMS yang telah disebutkan diatas, akan lebih bijak dalam memilihnya sesuai dengan keperluan Anda.

Bagaimana menurut Anda? mungkin Anda memiliki pemikiran yang tidak sama dalam memilih contoh platform CMS pada artikel ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga membuat Anda lebih percaya diri dalam memilih CMS yang paling tepat untuk website Anda.

Jika Anda ingin fokus untuk mengembangkan bisnis Anda dibandingkan membuat website Anda sendiri. Anda dapat menuju halaman service pada website kami.

Anda dapat menuliskan komentar ataupun saran pada kolom di bawah ini.

Bergabung lah dengan:

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar