Cara Menerapkan Digital Marketing: 9 Strategi Pilihan

Artikel ini akan membahas mengenai cara menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda. Digital marketing, online marketing, beriklan di internet… apapun Anda menyebutnya, memasarkan bisnis Anda secara online adalah hal yang penting pada masa sekarang ini. Ini dibuktikan dengan pengguna internet di seluruh dunia berlipat ganda pada dekade terakhir dan secara masif mempengaruhi orang dalam membeli suatu produk atau service dan berinterakis bisnis.

Lalu, apakah itu digital marketing? Digital marketing adalah sama seperti tipe marketing lainnya, yaitu cara untuk menggaet dan mempengaruhi potensial konsumen Anda. Yang paling membedakan adalah, Anda menggaetnya dengan cara online.

Apa itu Digital Marketing?

Secara mendasar, digital marketing mengacu kepada segala bentuk usaha atau aset pemasaran online apapun. Email marketing, iklan bayar setiap klik, media sosial marketing dan juga membuat blog adalah beberapa cara menerapkan digital marketing. Contoh itu akan membantu untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada orang dan untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk atau service Anda.

Ini adalah asset digital marketing yang umum dan cara menerapkan digital marketing untuk menjangkau orang secara online:

cara menerapkan digital marketing

Aset Digital Marketing

Digital marketing aset dapat mencakup apapun, selama itu digunakan sebagai alat pemasaran yang Anda gunakan secara online. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari berapa banyak digital marketing aset yang mereka miliki. Di bawah ini adalah beberapa contoh aset digital:

Seperti yang telah Anda bayangkan, hal yang telah disebutkan di atas adalah hanya bagian kulitnya saja. Kebanyakan digital marketing asset akan jatuh pada salah satu kategori di atas. Namun, marketer yang cerdas akan selalu memiliki cara baru untuk menjangkau konsumennya secara online.

Cara menerapkan Digital Marketing Strategi

Daftar strategi digital marketing juga terus berkembang. Namun, berikut ini adalah strategi yang digunakan oleh sebagian besar bisnis:

Cost-per-Click (CPC), atau bayar iklan per klik

CPC sebenarnya adalah istulah yang mencakup semua jenis pemasaran digital, dimana Anda membayar untuk setiap pengguna internet yang mengklik iklan yang Anda tampilkan. Contohnya Google AdWords, yaitu bentuk iklan PPC (paid search advertising) yang akan kita bahas pada poin selanjutnya. Facebook Adas adalah contoh lain PPC yang biasa disebut “paid soscial media advertising”.

Paid Search Advertising

Google, Bing dan Yahoo memungkinkan Anda untuk beriklan pada SERP (Search Engine Results Pages) atau dari hasil pencarian pengguna internet. Paid Search Advertising adalah salah satu cara terbaik untuk menargetkan potensial konsumen yang secara aktif mencari produk atau service seperti yang Anda miliki.

Search Engine Optimization (SEO)

Jika Anda tidak ingin membayar SERP, Anda pun dapat menggunakan SEO dan menaikan peringkat halaman atau postingan blog Anda secara organik. Anda tidak perlu membayar secara langsung secara cepat. Namun, untuk mendapatkan peringkat yang tinggi pada mesin pencari membutuhkan waktu dan kerja yang lebih banyak.

cara menerapkan digital marketing SEO

Paid Social Media Advertising

Sebagian besar platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan Snapchat, memungkinkan Anda untuk beriklan pada website mereka. Iklan sosial media berbayar adalah sangat bagus untuk membangun kesadaran audiens yang mungkin tidak menyadari bisnis, produk ataupun pelayanan yang Anda tawarkan.

Sosial Media Marketing

Seperti halnya pada SEO, sosial media marketing adalah gratis, Anda dapat menggunakan platform media sosial untuk menjangkau potensial konsumen secara organik. Sama seperti cara menerapkan digital marketing pada SEO, pemasaran secara organik pada platform sosial media membutuhkan waktu dan kerja yang lama. Namun, secara jangka panjang akan dapat memberikan solusi yang lebih murah.

Content Rate Optimization (CRO)

Conversion Rate Optimization (CRO) adalah seni dan science untuk meningkatkan user experience target konsumen online Anda. Sebagian besar penggunaan CRO adalah untuk lebih banyak konversi (prospek, obrolan, panggilan, penjualan, dll) dari trafic wesbite yang dimiliki.

Content Marketing

Content marketing adalah terminologi dalam digital marketing yang cukup luas. Yaitu meliputi segala cara menerapkan digital marketing yang menggunakan konten sebagai aset (postingan blog, infografis, ebook, video, dll) untuk membangun kesadaran branding bisnis Anda di mata potensial kustomer.

Email Marketing

Email marketing adalah tipe pemasaran digital yang paling tua dan masih memiliki pengaruh yang sangat kuat hingga saat ini. Sebagian besar para digital marketer menggunakan email marketing untuk menawarkan promo spesial ataupun diskon.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing pada dasarnya membayar orang lain untuk mempromosikan produk dan layanan Anda pada website yang mereka miliki.

Kesimpulan

Seperti yang telah disebutkan dari daftar di atas ada banyak cara menerapkan digital marketing. Oleh sebab itu, banyak perusahaan ataupun bisnis menyewa jasa gensi untuk mengelola upaya pemasaran digital mereka ataupun membayar tim pemasaran internal bahkan perangkat lunak untuk melakukannya.

Dengan artikel ini Anda dapat memilih berbagai cara menerapkan digital marketing. Dari semua pilihan yang telah di bahas di atas, Anda dapat menentukan yang mana yang paling cocok untuk perkembangan bisnis Anda pada saat ini. Selamat Mencoba 🙂

Artikel selanjutnya adalah pembahasan mengenai Landing page, yang merupakan bagian krusial agar prospek Anda melakukan proses konversi.

Selain itu, Anda dapat bergabung dengan group Facebook di bawah ini untuk diskusi, tips dan trik mengenai digital marketing secara lebih luas:

Group Facebook Digital Marketing Indonesia

Bergabung lah dengan:

Menyukai Artikel ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on whatsapp
Share on Whatsapp

Komentar